Iklan Moderen via Website

www.fadlie.web.idIklan merupakan bagian dari reklame yang berasal dari bahasa prancis, yaitu re-clame yang berart “meneriakkan berulang-ulang” (Dendi sudiana,1995). Dalam Advertising Exellance sebagimana dituliskan arena ( dalam ratna Noviani,2002).iklan adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang biasanya dibiayai dan bersifat persuasif, tentang produk (barang, jasa, dan gagasan) oleh sponsor yang terindentifikasikan, melalui berbagi macam media. Jadi hakikat iklan adalah pesan yang disampaikan dari komunikator pada komunikan. Oleh karena itu iklan adalah bentuk kegiatan komunikasi.Iklan merupakan komponen yang vital dalam organisasi dan reproduksi kapital.

Iklan televisi (television commercial) adalah iklan yang ditayangkan melalui media televisi, melalui media ini, pesan dapat disampaikan dalam bentuk audio visual, dan gerak. Bentuk pesan audio visual dan gerak. Bentuk pesan audio visualdan gerak tersebut pada dasarnya merupakan sejumlah tanda. Dalam kajian semologi, iklan adalah seperangkat tanda yang berfungsi meyampaikan sejumlah pesan ( kasiyan 2001)
Umumnya struktur iklan terdiri atas beberapa unsur pokok yang masing-masing mempunyai fungsi tertentu. Unsur utama iklan adalah ilustrasi. Biasanya ilustasi dibangun dari potret model atau pemandangan. Unsur kedua adalah headline,berupa kata-kata yang mecoba menyampaikan inti pesan terpenting untuk disampaikan pada khalayak. Unsur ketiga adalah body copy, yaitu uraian yang biasanya menyampikan tiga jenis informasi yaitu ciri produk, kegunaan dalam kelebihan produk serta mengarahkan tindakan nyata pada khalayaknya. Unsur kempat adalah Signature line, yang menerakan nama/ merek paten( band name) dari produk yang diiklankan.unsur kelima slogan yaitu rangkaian kata yang biasanya singkat, padat ,penuh arti, mudah diingat, mengandung arti yang dalam ,serta mampu mengetengahkan khasiat/kegunaan unik dari produk.

Pada artikel yang ada di koran kompas mencoba manganalisis perkembangan iklan-iklan produk kecantikan yang mencoba mengambarkan wanita cantik yang di tawarkan dalam setiap produk kecantikan kuli yaitu wanita yang berkulit putih di gambarkan wanita yang cantik, hal ini terlihat dari pemilihan model yang berkulit putih. Padahal pada realitasnya kulit yang sehat adalah kulit yang cerah, berkilat, lembab, lentur dan tanpa noda, lentur dan tanpa noda. Menurut Prof Dr dr SPKK( konsultan) Retno Widowati Soebaryo, sebetulnya kulit orang indonesia yang putih kekuningan atau kuning kecoklatan ini menandakan kulit kecoklatan ini menandakan kulit yang banyak pigmentasi, pigmen yang di dalamnya mengandung melanin, memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

Iklan media televisi untuk produk kecantikan seperti pond’s, Olay, Citra dls memiliki ilustrasi, mengunakan potret wanita cantik adalah wanita yang berkulit putih yang sebetulnya bukan mayoritas warna kulit bangsa Indonesia. Pemilihan headline, body copy dan slogan juga lebih cenderung mengunakan kata produk kecantikan yang mengandung tema putih citra dan oley mengunakan kata “ putih” di dalam produk mereka, citra misalnya menggunakan narasi: membuat wajahmu tampak lebih putih alami”. Sementara Olay memiliki produk Olay White Radiance. Pemilihan pesan yang salah juga dapat di lihat dari istilah “whitening”atau pemulihan yang dipakai oleh sejumlah perusahaan kosmetik saja sebenarnya sudah salah karena pada dasarnya kulit yang coklat tidak bisa diputihkan hanya dengan olesan krim. Istilah tepat adalah skim lighening yakni kulit dibuat lebih terang dan bercahaya. Skin lightening disini adalah pemudar warna, maksudnya noda-noda hitam yang adadi kulit” kata Ratna (koran kompas, 9 Maret 2008).

Iklan merupakan kontruksi dari realitas yang terjadi di masyarakat yang membuat suatu kultur tersendiri. dalam artikel kompas,9 Maret 2008 dan hasil riset yang dilakukannya mengatakan bahwa sebagian besar pada perempuan memiliki asumsi bahwa wanita kulit putih lebih menarik dari tidak berkulit putih dan ukuran kecantikan seseorang ketika berkulit putih , sedangkan pada kenyataannya sebagian besar orang Indonesia berkulit sawo matang dari data 65% merasa dirinya berkulit sawo matang sementara 34% merasa dirinya berkulit kuning langsat hingga putih. hal ini tertu saja menjadi sasaran pasar produk kecantikan yang menguntungkan dengan menggunakan slogan dan body copy yang intinya jika menggunakan produknya akan memiliki wajah putih secara cepat. Sedangkan jika di pertanyakan pada laki-laki bahwa perempuan putih tidak menjadi suatu ukuran kencantikan diri seorang wanita dan juga bukan ukuran mutlak kecantikan bagi seseorang. Penggunaan produk kecatikan yang dapat memutikan wajah paling besar di konsumsi perempuan pada usia 17-29 tahun sedangkan laki-laki pada usia 17-29 tahun.

Posted on 2 November 2008, in News and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: